Home / Hutan Papua Barat / IN-KONSISTENSI RTRWP PAPUA BARAT MENGANCAM EKOSISTEM GAMBUT

IN-KONSISTENSI RTRWP PAPUA BARAT MENGANCAM EKOSISTEM GAMBUT

Sagu tergusurRencana Tata Ruang Wilayah (RTRWP) Papua Barat telah di sahkan dan memiliki payung hukum berupa peraturan daerah ( PERDA ) nomor 4 Tahun 2013. Namun terdapat in-konsistensi antara pola ruang dengan PERDA tersebut.   Hasil penelitian Paradisea tahun 2016, menunjukan bahwa adanya Perbedaan pada pola ruang fungsi lindung yaitu antara PERDA RTRW dan peta pola ruang RTRW .  Perbedaan itu seperti pada pasal 31 Ayat 1 PERDA No 4 Tahun 2013 menyatakan bahwa kawasan yang memberikan perlindungan kawasan dibawahannya seperti hutan lindung, gambut, konservasi dan resapan air, dan kars kelas 1.  Namun di peta pola ruang yang telah direvisi tidak terdapat pola ruang fungsi lindung untuk resapan air dan lahan gambut.

Fungsi lindung dalam pola ruang yang telah di revisi pada dasarnya mengikuti penunjukan kawasan hutan sebagai fungsi hutan lindung dalam peta kawasan hutan dan perairan Provinsi Papua Barat berdasarkan SK.783/Menhut-II/2014.  Menjadi keprihatian bahwa hilangnya fungsi lindung untuk  ekosistem gambut pada pola ruang yang lama dan telah di ganti dengan fungsi budidaya dalam rencana pola ruang yang baru.

About Admin Paradisea

Check Also

54% RUANG HIDUP MASYARAKAT ADAT DI TELUK BINTUNI DIINDIKASIKAN DALAM KEPUNGAN INVESTASI

Laju pembangunan daerah Teluk Bintuni berlangsung dengan sangat cepat. Perkembangan ini dipicu aktivitas pemanfaatan sumberdaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *